Android / Keamanan / 7 Tips Pengamanan Perangkat Android

7 Tips Pengamanan Perangkat Android

Kali ini BlogEkstra akan menyajikan beberapa tips ringan untuk menjaga keamanan gadget Android, termasuk didalamnya keamanan data dan akun-akun email, sosial media, dll.

Panduan pengamanan Android dalam artikel ini dapat diikuti oleh siapa saja karena membahas hal-hal dasar namun tetap penting bagi gadget Android kesayangan Anda.

Pertama, biasakan menginstall aplikasi melalui Play Store. Google telah memastikan keamanan aplikasi yang berada diserver mereka sehingga dapat dikatakan semua aplikasi di Google Play Store aman untuk diinstal.

Kedua, jika terpaksa menginstal aplikasi dari file apk, maka pastikan file apk tsb aman dari susupan virus atau malware lain. Anda harus tau sumber file apk tsb apakah dari pihak terpercaya atau tidak. Baca cara instal aplikasi Android dari file apk dari komputer atau memory card.

Ketiga, jangan biasakan mengunjungi situs hacking, freeware, nulled, download bajakan atau situs porno. Biasanya situs-situs tsb menjadi media yang baik untuk menyebarkan virus.

Keempat, Android adalah sistem operasi yang baik, tapi tetaplah memasang anti virus untuk menambah pertahanan terhadap serangan virus. Pastikan setiap file yang masuk discan terlebih dahulu sebelum dibuka.

Kelima, matikan bluetooth saat tidak digunakan. Walaupun pengaturan otentifikasi bluetooth diaktifkan, kemungkinan terburuk masih dapat terjadi.

Keenam, gunakan kunci pola yang sedikit rumit, untuk menghindari kesalahan penggunaan dari anak-anak, menjaga privasi dari pihak yang tidak seharusnya tahu isi gadget Anda.

Dan terakhir, simpan gadget pada tempat yg pantas, aman, stabil, dan aman dari jangkauan anak-anak dan tangan jahil. Hindarkan layar dari gesekan, benturan dan tekanan berlebih.

Ada cara lain untuk mengamankan gadget Android? Kenapa tidak berbagi saja disini.. ;-)

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...