Android / Tips & Trik / Tips Pintar Dalam Membeli Smartphone Android Bekas

Tips Pintar Dalam Membeli Smartphone Android Bekas

Android bekas atau yang lebih dikenal dengan android second kerap menjadi solusi bagi beberapa orang yang ingin memiliki smartphone Android. Yang paling menjadi pertimbangan tentunya adalah dari segi harga. Android bekas atau second memiliki harga yang jauh di bawah harga barunya. Hal inilah yang menjadi alasan beberapa orang untuk memilih membeli smartphone Android bekas dari pada Android baru.

smartphone android bekas

Harga yang murah ternyata bukanlah segalanya dalam membeli smartphone android. Karena tidak sedikit orang yang tertipu dengan harga murah tetapi mendapatkan Android yang jauh dari harapan. Untuk itu, berikut tips pintar membeli Android bekas selain harganya yang murah:

1. Periksa Body

Body smartphone kadang sangat mempengaruhi harga. Maksud dari body adalah keadaan fisik smartphone android apakah sudah cacat atau masih mulus. Kendati biasanya kondisi fisik kerap menipu, namun tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa kondisi fisik smartphone menunjukkan bagian dalamnya.

2. Periksa Baterai

Salah satu kelemahan dalam membeli smartphone bekas adalah pada sisi baterainya. Seperti yang diketahui, baterai smartphone merupakan bagian yang paling boros. Banyak kita jumpai baterai android yang menggelembung atau bocor atau bahkan ada juga yang ngedrop. Oleh karena itu, dalam membeli smartphone Android bekas, sebaiknya memeriksa ketahanan baterai merupakan hal yang tidak boleh tinggalkan.

3. Periksa Nomor Imei

Memeriksa nomor imei merupakan hal yang sangat penting dalam setiap pembelian smartphone maupun ponsel biasa. Tidak sedikit nomor imei ternyata tidak sama dengan nomor yang tertera pada body atopun pada dos pembelian.

4. periksa Hardware dan Software

Inilah bagian yang paling penting dalam membeli smartphone Android bekas. Memeriksa hardware seperti keadaan layar, bahkan segel juga harus diperiksa. Selain itu, memeriksa software juga tidak kalah penting. Seperti halnya fitur, sensor, kamera, dan lain sebagainya. Hal ini sangat menentukan kualitas smartphone yang akan dibeli nantinya.

5. Periksa Kelengkapan Dan Garansi

Memeriksa kelengkapan baik dos maupun petunjuk penggunaan merupakan salah satu alasan smartphone Android yang akan dibeli bukanlah hasil curian atau sebagainya. Begitu juga dengan garansi, selain bisa mengetahui usia smartphone itu, juga bisa mengetahui, apakah smartphone tersebut sudah pernah di bongkar atau belum.

Penulis: Holili Sutedjo

Foto Profil dari Holili Sutedjo

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...