Android / Tips & Trik / Tips Cerdas Mengamankan Smartphone Android Dari Ancaman Virus

Tips Cerdas Mengamankan Smartphone Android Dari Ancaman Virus

Bukan rahasia lagi bahwa smartphone android saat ini cukup merajai jagat ponsel pintar. Di beberapa Negara, pengguna smartphone android selalu menjadi yang terbanyak mengalahkan pesaingnya, iOS dan OS Blackberry. Kekayaan aplikasi pada system operasi ini menjadikan “si robot hijau” selalu menjadi pilihan banyak orang.

Keamanan Android

Akan tetapi, dibalik kemudahan menancapkan aplikasi, ternyata android memiliki kelemahan dari segi keamanan. Tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini mulai bertebaran spyware atau virus yang selalu mengancam setiap smartphone Android. Oleh karena itu, salah satu jalan untuk mengamankan smartphone android dari serangan virus, maka simaklah beberapa tips berikut:

1. Selalu update versi terbaru

Salah satu langkah untuk mengamankan smartphone android adalah dengan melakukan update aplikasi pada versi terbaru. Seperti yang diketahui, setiap saat aplikasi selalu menyediakan update terbarunya. Beberapa pengamat menyebutkan bahwa kebanyakan virus akan lebih mudah menyerang aplikasi versi lama.

2. Waspada sebelum menginstal

Kemudahan Android untuk dirasuki virus berasal dari aplikasi yang diinstal pengguna. Untuk itu, sebaiknya, pengguna smartphone android lebih selektif dalam memilih aplikasi yang hendak diinstal. Salah satu caranya adalah dengan memiliki aplikasi dari sumber resmi dan tidak mengunduh dari web lain. Karena kendati aplikasi yang diinginkan sama, namun tingkat keamanan lebih tinggi yang berasal dari web resmi.

3. Setup keamanan jejaring sosial diaktifkan

Jejaring sosial merupakan salah satu lubang besar bagi virus. Disadari atau tidak, dengan banyaknya pengguna jejaring sosial ini membuat virus juga semakin bertebaran. Untuk itu, demi keamanan smartphone android dari serangan virus melalui jejaring sosial, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan system keamanan pada jejaring sosial tersebut.

4.  Instal Software antivirus

Setiap penyakit mesti ada obatnya. Untuk itulah, sebaiknya agar terhindar dari serangan virus, maka pengguna smartphone android akan lebih bijak apabila menginstall software ataupun aplikasi pengaman virus. Biarkan software tersebut bekerja mencari virus ataupun aplikasi yang berbahaya.

Itulah beberapa tips cerdas dalam menggunakan samrtphone android agar aman dari serangan virus. Seperti yang diketahui, virus bukanlah barang ataupun benda yang kasat mata atau dapat dilihat dengan mata telanjang. Akan tetapi, akibatnya bisa dirasakan bahkan bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan system pada smartphone itu.

Penulis: Holili Sutedjo

Foto Profil dari Holili Sutedjo

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...