Android / Keamanan / Sistem Keamanan Android Masih Kalah Dibandingkan iOS

Sistem Keamanan Android Masih Kalah Dibandingkan iOS

Keamanan Android vs iOS

Sistem operasi Android seolah menjadi idola baru di ranah gadget saat ini. Perkembangannya yang cukup cepat membuat para pesaingnya gigit jari. Bahkan pengguna iOS yang sebelumnya cukup menguasai pasar dunia berangsur menurun.  Hal ini dibuktikan makin meningkatnya pengguna Android di kuartal kedua tahun ini. Peningkatan Andorid yang cukup signifikan ini ternyata berbanding terbalik dengan perolehan sistem operasi besutan Apple, iOS yang mengalami penurunan dibanding dengan pendapatan pada tahun sebelumnya. Adapun peningkatan Android dipelopori oleh smartphone besutan Samsung Galaxy S4.

Akan tetapi, keberhasilan Android saat ini masih belum sepenuhnya maksimal. Adalah Canalys App Interrogator yang melakukan penelitian mengenai robot hijau ini. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa sistem operasi berlogo robot hijau ini memiliki sistem keamanan yang cukup lemah. Bahkan jika dibandingkan dengan pesaing beratnya iOS, keamanan Android masih kalah. Dengan kelemahan sistem keamanan ini diprediksi lambat laun akan menimbulkan kekecewaan bagi konsumen.

Penelitian tersebut juga menambahkan bahwa Kelemahan sistem keamanan Android diakibatkan karena banyaknya aplikasi gratis beriklan yang berkembang bebas. Padahal kemudahan tersebut diprediksi akan memudahkan spyware atau virus masuk. Hal ini jelas berbeda dengan iOS yang hampir semua aplikasinya berbayar. Memang sedikit menjadi dilema bagi Android untuk bisa merubah sistem pintu masuk bagi aplikasi gratis beriklan. Seperti yang diketahui, saat ini kemudahan menggunakan aplikasi di Android menjadi senjata utama sistem operasi robot hijau ini. Bahkan salah satu alasan banyak perangkat dan konsumen pindah haluan menggunakan Android adalah kemudahannya dalam menjalankan aneka aplikasi, baik dalam smartphone maupun tablet.

Hal membutuhkan sedikit keberanian untuk mengeluarkan kebijakan bagi Android untuk menyediakan aplikasi berbayar. Selain untuk meningkatkan sistem keamanan, tentunya dengan adanya aplikasi berbayar maka akan meningkatkan kualitas aplikasi di Android itu sendiri. Dan bukan tidak mungkin, dengan kualitas aplikasi yang makin meningkat maka pertumbuhan pasar si robot hijau ini juga makin meningkat. Itulah yang menjadi buah pemikiran dari penelitian ini.

Penulis: Holili Sutedjo

Foto Profil dari Holili Sutedjo

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...