Android / Info / Pendistribusian Android Donut dan Éclair Dihentikan Oleh Google

Pendistribusian Android Donut dan Éclair Dihentikan Oleh Google

Perkembangan teknologi membuat ponsel dan perangkat lain kian canggih. Tentunya hal ini member dampak terhadap perangkat telepon yang keluar lebih dahulu. Seperti halnya yang terjadi pada dua Android keluaran pertama Android Donut dan Éclair. Dua serie Android ini resmi di stop distribusinya oleh Google.

Android Donut dan Eclair

Alasan Google mengentikan distribusi dua Android ini dikarenakan minimnya kontribusi dari keduanya. Android Donut atau yang dikenal dengan Andoid 1.6 serta Android 2.1 atau Android Éclair memang nyaris hilang dari peredaran. Kedua sistem operasi robot hijau ini tertindih oleh Android keluaran terbaru. Hal inilah yang menyebabkan Google akhirnya memutuskan untuk menghentikan distribusi kedua.

Wajar apabila Android Donut dan Éclair mengalami penurunan kontribusi. Seperti yang diketahui, ditengah banyaknya ponsel pintar dengan segala kecanggihannya selalu menggandeng sistem operasi yang terbaru. Sebut saja dua tahun terakhir ini yang merupakan gebyar smartphone canggih dirilis. Hampir semua dari smartphone Android tersebut menggunakan Android Jelly Bean yang merupakan versi lebih baru dibandingkan dengan Donut, Éclair bahkan Froyo.

Jadi jangan heran apabila kontribusi kedua sistem operasi seri Android itu menurun cukup drastis. Bahkan Kedua seri Android, Android Donut dan Éclair apabila dijumlahkan kontribusinya hanyalah 1,3%. Sebuah angka yang tergolong sangat kecil jika dibandingkan dengan sistem Android seri yang lain.

Selain minimnya smartphone yang menggunakan Android tersebut, tidak adanya aplikasi terbaru yang support kedua sistem operasi tersebut juga menjadi alasan kenapa Android Donut dan Éclair makin ditinggal. Seperti yang diketahui, beberapa aplikasi terbaru kebanyakan hanya support pada beberapa sistem operasi Android terbaru. Tercatat, sebagian besar aplikasi support pada Android Froyo ke atas. Itupun, untuk Froyo tidak sebanyak seri di atasnya seperti Jelly bean atau ginger bread.

Sedangkan untuk sistem operasi Android yang paling banyak kontribusi saat ini adalah Android Jelly Bean. Android 4.1 ini mengalahkan dua pendahulunya Gingerbread dan Ice Cream Sandwich. Dengan begitu, maka masuk akal apabila Google dengan tegas menghentikan distribusi Android Donut dan Éclair.

Penulis: Holili Sutedjo

Foto Profil dari Holili Sutedjo

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...