Android / Info / Nokia Sempat Lakukan Uji Coba Android Sebelum Memilih Windows Phone

Nokia Sempat Lakukan Uji Coba Android Sebelum Memilih Windows Phone

Kehadiran Nokia Lumia dengan menggunakan Windows phone sempat mengundang banyak pertanyaan.Salah satunya adalah kenapa Nokia lebih memilih Windows Phone dari pada Android.Padahal OS Android merupakan salah satu platform paling laris di dunia.Tentunya dengan adanya kolaborasi antara Nokia dan Android bisa makin mengangkat nama Nokia di pasar global.

Nokia dan Android

Itulah segelintir pertanyaan yang sering keluar dari dalam benak pengguna Nokia.Padahal mereka tidak tahu bahwa sebenarnya Nokia sempat ada maksud untuk menggunakan OS Android pada produknya.Namun mimpi itu ternyata sirna setelah ada penjualan sebagian saham Nokia pada Microsoft.Akibatnya Nokia pun “terpaksa” menggunakan OS windows phone yang merupakan sistem operasi besutan Microsoft.

Jadi secara garis besar, salah satu alasan penyebab penggunaan windows phone pada handset Nokia tak lain adalah dikarenakan vendor asal Finlandia ini sudah terjual ke Microsoft. Sebagai salah satu pemilik modal, tentunya wajar apabila Microsoft menghendaki handset Nokia menggunakan windows phone.Berdasarkan kabar yang beredar, sebenarnya Nokia menginginkan OS Android untuk disematkan di handsetnya. Namun hal ini langsung dicium oleh microsoft dan akhirnya jadilah sepertiyang sekarang ini.

Windows Phone sendiri saat ini benar-benar berharap banyak pada Nokia.Peran Nokia dalam pemasukan platform ini cukup tinggi.Bisa dibayangkan untuk pangsa pasar Eropa saat ini Windows Phone memiliki ceruk pasar sekitar 8,2 persen, ini merupakan catatan tertinggi semenjak Windows Phone hadir di Eropa. Naiknya pangsa pasar Windows Phone di Eropa ini seiring dengan masuknya beberapa varian Nokia dengan OS Windows Phone yang lebih bersahabat.

Sementara di belahan dunia lain seperti Amerika Selatan, Nokia yang memiliki Os Windows Phone banyak yang menajdai pilihan para pemakai gadget di sana. Untuk pasar Meksiko, Peru dan Kolombia saja Windows Phone membukukan urutan kedua sementara di negara lain seperti Chili, Brasil dan Argentina menempati posisi ketiga. Jika Microsoft bisa jeli dan meneliti pasar lebih dalam maka bukan tidak mungkin Nokia dengan OS Windows Phone akan semakin laris dan membukukan keuntungan Microsoft di bursa saham dunia.

Penulis: Holili Sutedjo

Foto Profil dari Holili Sutedjo

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...