Android / Gadget / Newkia, Smartphone Android Besutan mantan Punggawa Nokia

Newkia, Smartphone Android Besutan mantan Punggawa Nokia

Sepintas nama Newkia tidak jauh beda dengan ponsel asal Finlandia, Nokia. Setelah ditelusuri, ternyata smartphone terbaru ini merupakan karya mantan karyawan Nokia, termasuk diantaranya mantan CEO Nokia Asia Pasifik, Thomas Ziliacus yang dikabarkan merupakan sumber dari kehadiran Newkia.

Newkia

Seperti yang banyak diberitakan, Newkia memang hadir sebagai salah satu bentuk kekecewaan Ziliacus terhadap para petinggi Nokia. Sebelumnya Ziliacus sempat mengemukakan keinginannya untuk memproduksi smartphone Nokia khusus Asia. Smartphone khusus tersebut berbeda dengan Nokia bisanya, Nokia yang diinginkan oleh Ziliacus yaitu menggunakan platform Android. Akan tetapi, keinginan Ziliacus ini ditolak oleh petinggi Nokia. Alhasil, CEO Nokia Asia Pasifik ini mengundurkan diri dari posisinya di Nokia.

Usai mengundurkan diri, Ziliacus pun menarik beberapa mantan pegawai Nokia yang memiliki pemikiran yang sama. Dari sinilah akhirnya muncul keinginan untuk menciptakan smartphone baru bernama Newkia. Sebagai mantan pegawai perusahaan asal Findlandia itu, tentunya ponsel besutannya memiliki banyak kesamaan. Termasuk nama yang diusungnya yakni Newkia.

Kabarnya, Newkia akan mengguanakan system operasi Android, sebagaimana yang diinginkan sejak Ziliacus masih berseragam Nokia. Sedangkan untuk spesifikasi lebih detil mengenai konsep yang akan disematnya masih belum jelas. Kemungkinan masih cita rasa Nokia masih belum bisa dihilangkan sepenuhnya dari vendor terbaru ini.

Sebagai smartphone yang akan beredar di pasar Asia, Newkia dikabarkan akan mendirikan kantor pusat di Singapura. Akan tetapi, untuk pengembangan dan riset Newkia masih tetap akan menjadikan Finlandia sebagai lokasinya. Selain itu meskipun dikabarkan hanya akan beredar untuk kawasan Asia saja, namun tidak menutup kemungkinan perusahaan terbaru ini akan membuka pintu untuk pasar di Amerika bahkan seluruh dunia.

Memang sampai saat ini banyak yang menginginkan ponsel Nokia menggunakan platform Android. Akan tetapi kepemilikan Microsoft memberikan andil yang cukup besar kepada Nokia dalam memilih Windows Phone sebagai system operasinya. Dan kehadiran Newkia inilah yang diharapkan menjawab keinginan banyak orang untuk menikmati ponsel Nokia dengan otak Android. Kendati tidak bernama Nokia secara langsung, namun Newkia tetap memiliki aroma Nokia.

Penulis: Holili Sutedjo

Foto Profil dari Holili Sutedjo

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...