Android / Info / Wi-Fi Aware: Teknologi Wi-Fi Terbaru Tanpa Data Seluler Ataupun Koneksi Internet

Wi-Fi Aware: Teknologi Wi-Fi Terbaru Tanpa Data Seluler Ataupun Koneksi Internet

 

WiFi, salah satu teknologi wireless (nirkabel) paling mutakhir semakin menjadi primadona dan mengalami peningkatan besar  tiga tahun belakangan ini. Ini terjadi karena didukung oleh penelitian bersama yang dibiayai oleh perusahaan-perusahaan teknologi terbesar dunia, seperti perusahaan komputer, gadget, smartphone, dan piranti pendukung Wi-Fi lainnya.

Hasil dari penelitian bersama selama tiga tahun ini kini menghasilkan satu teknologi Wi-Fi terbaru, yang disebut juga Wi-Fi Aware. Teknologi Wi-Fi terbaru ini dirilis oleh Wi-Fi Alliance, sebuah organisasi nirlaba hasil kerjasama Apple, Microsoft, Intel dan ratusan perusahaan teknologi besar lainnya.

Teknologi Wi-Fi terbaru dari Alliance ini memudahkan produk-produk yang memiliki fitur koneksi Wi-Fi untuk menemukan dan berkomunikasi dengan piranti terdekat lainnnya, tanpa menyandarkan pada data seluler maupun koneksi internet.

Prinsip kerjanya sederhana. Ketika Anda telah menginstal sebuah aplikasi yang mendukung Wi-Fi Aware, perangkat Anda akan terus menerus broadcast dan menerima broadcast dari perangkat lain di sekitar Anda. Pengguna dapat memilih untuk mengizinkan aplikasi yang ada mempublikasi informasi yang ada ataupun berlanggan untuk menerima informasi baru  dan permintaan koneksi.

Wi-Fi akan segera mengenali perangkat lain di dekatnya meski dalam suasana ramai. courtesy: www.it-news-club.com

Wi-Fi akan segera mengenali perangkat lain di dekatnya meski dalam suasana ramai.
courtesy: www.it-news-club.com

Teknologi Wi-Fi terbaru ini bertarung secara langsung dengan tool-tool hemat energi seperti Bloetooth dan notifikasi sederhana untuk menciptakan semacam GPS indoor. Sebagai contoh, jika Anda masuk ke merek pakaian terkenal favorit Anda di Faebook dan menghidupkan notifikasi, Facebook akan mampu memberi sinyal kepada Anda ketika Anda mendekati sebuah toko yang di dalamnya terdapat item-item merek pakaian itu. Dan jika piranti Anda mendeteksi bahwa teman lama Anda dari SMA ada di jalan dekat Anda, Anda dapat menerima notifikasi yang meminta apakah Anda ingin mengirimkan pesan pribadi pada orang itu secara langsung.

Kuncinya adalah bahwa piranti ini secara terus menerus mengetahui apapapun yang ada di dekatnya, tetapi hanya memilih untuk terhubung dengan sumber-sumber informasi yang relevan. Rasanya akan menjadi satu trik yang menarik ketika piranti dengan teknologi Wi-Fi terbaru ini sudah beredar luas di pasaran.

Kendati Aware sebagai teknologi Wi-Fi terbaru berjalan terus menerus sehingga sebuah pirangi mengenali dengan pasti apa yang ada di dekatnya sebelum terkoneksi, namun teknologi terbaru ini benar-benar sangat efisien dalam energi, jauh lebih irit dibandingkan dengan Wi-Fi tradisional.

Ini berarti bahwa Aware tidak memiliki masalah ketika sedang bekera di lingkungan yang riuh, seperti konser besar atau pertandingan sepak bola ketika mengirimkan pesan tuulisan seringkali dirasa tidak memungkinkan. Presiden Alliance, Figueroa mengatakan bahwa pihaknya berharap dapat melihat jejaring sosial seperti Facebook atau LinkedIn menyertakan aplikasi yang terpasang Wi-Fi Aware sebelum akhir tahun ini 2015.

Dengan demikian, pertarungan koneksi nirkabel tanpa data seluler ataupun koneksi internet semakin seru. Dan Anda sebagai pengguna, akan mendapatkan manfaat terbesar dari teknologi Wi-Fi terbaru ini.

Ilustrasi: www.tom.travel.com

Penulis: Lintang Sunu

Foto Profil dari Lintang Sunu
Seorang Financial Service Consultant di sebuah perusahaan asuransi swasta terbesar di Indonesia. Aktif dalam dunia blogging sejak tahun 2008 dan fokus pada masalah sosial, perencanaan keuangan, dan kritik sosial.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...