Android / Gadget / Smartphone atau Tablet: Mana yang Harus Dipilih?

Smartphone atau Tablet: Mana yang Harus Dipilih?

Tablet adalah salah satu dari fenomena teknologi mobile yang dua tahun belakangan berkembang pesat. Fitur ponsel yang ada disematkan pada tablet menjadikan piranti ini makin mendapatkan tempat di hati masyarakat. Namun, perkembangan smartphone yang begitu pesat pun tidak kalah penting menjadi bagian yang tak lepas dari perhatian masyarakat pecinta gadget. Dengan fitur yang hampir sama, orang sering bingung memilih smartphone atau tablet yang perlu dipilih.

Ada sejumlah pertimbangan ketika muncul pertanyaan, mana yang harus dipillih, smartphone atau tablet. Namun, pertanyaan-pertanyaan kunci yang perlu Anda tanyakan adalah untuk siapa, hendak digunakan untuk apa, berapa lama Anda memakainya, dan berapa ukuran layar yang Anda inginkan?

Jelas, perbedaan paling mencolok antara smartphone dan tablet adalah ukuran layarnya.  Akan tetapi, perbedaan ini akan semakin kabur ketika smarphone yang ukuran besar mulai merambah ukuran 7 inchi.

Jika Anda berencana untuk menonton film, membaa e-book, e-magazines, browsing web, maka yang tepat adalah membeli tablet. Jika Anda melakukan kegiatan menonton film, baca ebook, emagazines, dan browsing internet, layar yang lebih kecil tidak nyaman untuk visual, meskipun smartphone jauh lebih bagus untuk memutar musik.

Jika Anda sangat mobile dan sering bepergian jauh yang jauh dari jangkauan listrik, ada baiknya membeli smartphone dibandingkan tablet, karena nilai portabilitas juga fungsinya. Kendati tablet semakin portabel, namun tablet tidak akan pernah menggantikan kemudahan smartphone untuk masuk ke dalam kantong.

Smartphone adalah perangkat yang lebih bagus untuk berkirim pesan, jadi ketika Anda akan mengirimkan banyak pesan teks, berulang kali mengecek email, atau menghabiskan berjam-jam untuk SMS-an maka cocoknya Anda belajar smartphone. Tablet memang dapat digunakan untuk mengelola email juga mengirimkan dan menerima pesan singkat, tetapi secara keseluruhan smartphone menang.

Jika Anda senang memotret, dan jika Anda ingin menggunakan piranti mobile baru Anda serta memotret sambil sembunyi, sekali lagi Anda lebih cocok menggunakan smartphone, karena biasanya smartphone menyematan kamera dengan resolusi dan kualitas yang lebih baik dibandingkan tablet. Selain itu, smartphone lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana.

smartphone atau tablet

Smartphone atau tablet?

Apakah tablet yang Anda sukai? Jika ya, ada banyak pilihan yang tersedia, mulai dari tablet berukuran kecil sampai berukuran yang lebih besar yang menawarkan apa saja yang Anda butuhkan. Perbedaan terbesar pada tablet adalah sistem operasinya: Android, Windwos, dan iOS.

iOS adalah sistem operasi paling mudah bagi user pertama kali pakai dengan sistem yang tertanam di dalam iPad, yang dapat dengan mudah digunakan untuk mengakses aplikasi, dan semua yang ditampilkan di layar.

Jika Anda menganggap bahwa ada banyak sekali pilihan tablet jika Anda berpikir untuk memilih tablet, maka Anda kurang tepat sebab jauh lebih banyak pilihan smartphone, mulai dari ukuran kecil sampai yang besar, dari yang murah sampai yang mahal, dan dari yang fitur komplit sampai fitur seadanya. Anda memilih lebih banyak opsi untuk smartphone

Perbedaan paling besar di antara smartphone adalah hargaya. Di sisi lain, Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk piranti yang mudah dimasukkan kantong ini.

Jika melihat fitur, ukuran, dan harga, serta kegunaan, kira-kira smartphone atau tablet yang akan Anda beli? Tergantung kebutuhan.

Ilustrasi: www.dsim.in

Penulis: Lintang Sunu

Foto Profil dari Lintang Sunu
Seorang Financial Service Consultant di sebuah perusahaan asuransi swasta terbesar di Indonesia. Aktif dalam dunia blogging sejak tahun 2008 dan fokus pada masalah sosial, perencanaan keuangan, dan kritik sosial.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...