Android / Gadget / Perlukah Upgrade iPhone 5S ke iPhone 6?

Perlukah Upgrade iPhone 5S ke iPhone 6?

Berganti-ganti gadget bukan lagi sebagai kebutuhan, namun lebih kepada gaya hidup. Keinginan berganti piranti mobile ini muncul ketika ada piranti baru yang hadir di pasaran dengan menawarkan fitur yang wah dan melimpah. Para pabrikan mobile devices ini pun menangkap peluang alasan berganti-ganti gadget, kendati antara gadget generasi lama dan generasi baru memiliki fitur yang nyaris sama. Sama halnya dengan para pengguna iPhone 5 yang ingin segera berganti ke gadget produksi Apple terbaru, iPhone 6. Namun perlukah iPhone 5S upgrade ke iPhone 6?

Dari hasil review dari TrustedReview, segi layar, iPhone 5S memiliki ukuran 4 inchi dengan resolusi 1136 x 640, sementara iPhone 6 memiliki layar LCD Retina HD ukuran 4,7 inchi dengan resolusi 1334 x 750.

Jika Anda berniat untuk upgrade dari iPhone 5S ke iPhone 6, alasan terkuatnya sangat mungkin adalah karena ukuran layar dan resolusi. Berubah dari ukuran 4 inchi menjadi 4,7 inchi adalah lompatan terbesar, karena ini benar-benar mengubah pengalaman iOS.

Dengan kanvas yang lebih besar untuk dimainkan, iPhone 6 juga menaikkan resolusi menjadi Retina HD, atau ukuran 750 x 1334. Secara teknis resolusi ini lebih besar sedikit dibandingkan 720p, yang dimiliki oleh iPhone 5, LCD iPhone 6 tampil lebih cantik. Warnanya sangat akurat, dan kejernihan yang tajam menjadikan iPhone 6 makin cantik.

Namun, baik iPhone 5S maupun iPhone 6 memiliki display yang sama-sama bagus, tidak ada piksel yang terlihat dan keduanya juga memiliki kepadatan piksel yang sama, yaitu 326 ppi. Keduanya tidak memiliki perbedaan jika dilihat dari sisi display.

Jika Anda mencari ukuran yang lebih besar, iPhone 6 jelas pemenangnya. Namun meskipun layar berukuran 4 inchi, display pada iPhone 5S masih menjadi salah satu yang paling akurat untuk saat ini.

Dari sisi konektivitas:

iPhone 6: Bluetooth 4.0, 4G/LTE, Wi-Fi 802.11ac, NFC (Apple Pay only), Lightning connector USB 2.0, Airdrop, Continuity, dan Car Play

iPhone 5S: Bluetooth 4.0, 4G/LTE, Wi-Fi 802.11n, Lightning connector USB 2.0, Airdrop, Continuity, dan Car Play.

Perbedaannya tidak begitu signifikan, meskipun setiap pembaharuan dari Apple selalu menaikkan opsi konektivitas dalam spartphone andalannya, termasuk juga iPhone 6 ini. Yang terbaru untuk konektivitas pada iPhone 6 adalah dukungan yang lebih luas untuk LTE, Wi-Fi yang lebih cepat degnan kecepatan the 802.11ac speed, dan terakhir NFC (Near Field Communication, yang sudah menjadi hal umum pada ponsel Android beberapa tahun belakangan.

Dari sisi kinerja, iPhone 6 ditenagai oleh processor Apple A8 dual-core 64 bit dan RAM 1GB, serta M8 co-processor. Sedangkan iPhone 5S ditenagai oleh Apple A7 dual-core 64 bit, 1GB RAM, dan M7 co-processor.

Meskipun ada perbedaan kode prosesor yakni Apple A7 untuk iPhone 5 dan A8 untuk iPhone 8, namun keduanya masih mengusung core yang sama, yaitu dual core. Dengan memori  RAM yang sama, 1 GB, kinerjanya tidak jauh berbeda.

Dari segi baterai, iPhone 6 didukung oleh baterai dengan kapasitas 1810 mAH, sementara baterai untuk iPhone 5S masih di bawahnya, yakni 1560 mAH. Dengan ukuran kapasitas yang lebih tinggi, tentu iPhone 6 memiliki daya tahan baterai yang lebih baik.

Sementara dilihat dari fitur lain, yakni kualitas speaker, software, dan kamera. Semuanya memiliki kualitas dan fitur serupa, baik iPhone 6 maupun iPhone 5.

Dengan pertimbangan di atas, dengan sedikit perbedaan, perlukah upgrade dari iPhone 5S ke iPhone 6? Keputusan ada di tangan Anda.

Ilustrasi: www.zollotech.com 

Penulis: Lintang Sunu

Foto Profil dari Lintang Sunu
Seorang Financial Service Consultant di sebuah perusahaan asuransi swasta terbesar di Indonesia. Aktif dalam dunia blogging sejak tahun 2008 dan fokus pada masalah sosial, perencanaan keuangan, dan kritik sosial.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...