Android / Gadget / Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin membuktikan pada dunia bahwa dialah yang akan menjadi raja inovasi piranti mobile dunia. Setelah sukses besar dengan smartphone Galaxy S5 disusul Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, kini Samsung merilis kembali seri smartphone terbarunya, Galaxy A8 hari ini di Cina.

Menempatkan style atau gaya di urutan pertama tidaklah selalu sesuatu yang buruk. Dan ini pun dibuktikan oleh Samsung dengan merilis smartphone stylish terbaru dan teripis di dunia, Galaxy A8.

Dengan ketebalan hanya 5,9 milimeter, Galaxy A8 merupakan kembaran dari dua saudara tuanya, Galaxy A5 dan Galaxy A3. Namun demikian, terdapat peningkatan kapasitas, prosesor, maupun fitur di Galaxy A8.

Piranti yang berbalut metal ini memiliki spesifikasi yang sangat layak dan mumpuni, namun lebih diperuntukkan bagi pecinta piranti mobile kelas menengah, bukannya kelas atas yang memiliki pesaing berat bagi iPhone dan flagship Samsung itu sendiri.

Dengan tampilan layaran OLED 1080p 5,7 inchi, Galaxy A8 dipersenjatai dengan prosesor 8-core Snapdragon 615, kamera belakang 16 MP, kamera depan 5 MP, serta memori RAM 2 GB. Baterai dengan kapasitas 3050 mAh juga menjadi sumberdaya bagi smartphone ini yang kapasitasnya lebih besar dibandingkan baterai yang ada pada Galaxy S6. Namun, semuanya itu tetap membuat Galaxy A8 tetap kompak dan sangat ringan, yakni seberat 151 gram saja.

Samsung A8

Ketika Samsung meluncurkan Galaxy S6 dan S6 Edge terlebih dahulu di tahun ini dan juga phablet andalannya, yakni Galaxy Note 5, yang diharapkan segera hadir, maka piranti-piranti kelas menengah seperti Galaxy A8 menjadi hal penting bagi bisnis Samsung, sebab Xiaomi telah mengambil jatah makan siang Samsung di Cina dengan hadirnya Redmi yang dibanderol dengan harga $150 dan Mi 4 yang harganya hanya $300. Galaxy A5 dan A3 memang awalnya hanya difokuskan di Cina, sehingga sekali lagi cukup jelas bahwa Samsung memang betul-betul memberikan perhatian cukup besar pada pasar smartphone terbesar dunia ini, di mana  market share Samsung di Cina turun hingga 50 persen tahun lalu.

Sejauh ini belum jelas apakah Galaxy A8 akan diluncurkan di negara lain seperti Indonesia. Namun banyak pihak yang menunggu kehadiran Samsung Galaxy A8 di luar Cina, termasuk Indonesia.

Samsung rencanana menjual Galaxy A8 dengan harga ¥3,199.00 (atau sekitar  US$515), yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk-produk lain dengan spesifikasi sejenis. Kabar baiknya adalah garis-garis yang sedikit kurang dikenal umum memang menjadikan piranti ini terlihat cantik. Galaxy S6 merupakkan salah satu piranti terbaik yang pernah Samsung produksi baik dari sisi gaya maupun substansinya, dan dengan ukuran Galaxy A8, rasanya mungkin bahwa kita akan melihat alur Note yang memiliki konsep serupa dengan Galaxy A8, kendati mengalami peningkatan dalam hal kerampingan bodi.

Menunggu Galaxy A8? Semoga segara launching di Indonesia.

Ilustrasi: www.smartphoneandprice.com

Penulis: Lintang Sunu

Foto Profil dari Lintang Sunu
Seorang Financial Service Consultant di sebuah perusahaan asuransi swasta terbesar di Indonesia. Aktif dalam dunia blogging sejak tahun 2008 dan fokus pada masalah sosial, perencanaan keuangan, dan kritik sosial.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Wi-Fi Aware: Teknologi Wi-Fi Terbaru Tanpa Data Seluler Ataupun Koneksi Internet

  WiFi, salah satu teknologi wireless (nirkabel) paling mutakhir semakin menjadi primadona dan mengalami ...