Android / Tips & Trik / Tips Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Tips Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Sistem operasi Android mungkin menjadi fenomena tersendiri dikalangan pecinta gadget dan smartphone. Fiturnya yang bagitu banyak ditambah penggunaannya yang fleksibel memungkinkan setiap orang bisa mengatur ponselnya sesuka hati dengan beragam aplikasi. Ditambah dukungan dari pengembang melalui fitur Google Play, pengguna Android seperti dimanjakan dengan banyaknya aplikasi serta widget terbaru, mulai dari aplikasi gratis hingga berbayar.

mempercepat kinerja android dengan mudah

Namun semua fasilitas itu tidak selamanya membawa efek positif bagi ponsel itu sendiri, terutama jika berhubungan dengan masalah kinerja sebuah smartphone. Banyaknya fitur yang terdapat dalam smartphone Android seringkali membuat kinerja ponsel menjadi lebih lambat dan berat. Hal ini tentu sangat menganggu apalagi jika kita sedang dalam situasi penting dan mendesak.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja smartphone Android anda. Berikut beberapa tips untuk Android kesayangan anda.

1. Prioritaskan memori eksternal

Untuk menyimpan semua hasil unduhan, sebaiknya atur hasil download setips otomatis pada memori eksternal. Pengunaan memori internal yang banyak seringkali membuat kinerja smartphone menjadi lebih lambat ketika memori tersebut penuh dengan file seperti foto, file mp3, dokumen serta video.

2. Matikan fitur Auto-update

Apabila menyangkut masalah keamanan seperti antivirus, mungkin fitur yang satu ini sangat penting terutama untuk mencegah masuknya virus pada smartphone kita. Namun saat ini banyak pula aplikasi yang memiliki fitur auto-update semacam ini. Sebaiknya matikan fitur tersebut jka dirasa aplikasi tersebut kurang diperlukan untuk smartphone anda.

3. Update firmware

Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja smartphone Android adalah dengan melakukan update firmware. Namun sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah update yang tersedia meliputi seputar fix bug,mengatasi isu lag atau hal lain yang berhubungan dengan kinerja smartphone. Karena tidak setiap update firmware yang disediakan mengatasi isu-isu tersebut.

4. Install aplikasi yang berguna

Meskipun sebagian besar masalah kinerja smartphone terletak pada aplikasi yang terlalu penuh, namun ada juga beberapa aplikasi yang dapat mempercepat kinerja smartphone Android anda. Jenis aplikasi yang bisa membantu kinerja smartphone diantaranya seperti :

Antivirus : untuk memeriksa malware yang mungkin bersarang di smartphone.

Start up manager : untuk mengatur aplikasi yang berjalan dan menghentikannya secara otomatis.

Cache cleaner : untuk membersihkan browser dari sisa crawl dan history.

5. Reset smartphone

Tips terakhir ini bisa digunakan apabila kondisi smartphone sudah sangat lambat dan banyak terjadi hang ataupun lag ketika digunakan. Namun sebelum melakukan reset, simpan data-data seperti nomor kontak dan file penting lainnya agar tidak terhapus bersama aplikasi dan widget yang ada didalam smartphone Android anda.

Itulah beberapa tips mempercapat kinerja smartphone Android yang bisa anda lakukan sendiri. Jika cara diatas belum berhasil, sebaiknya konsultasikan dengan vendor penjual smartphone Android anda mengenai masalah yang terjadi.

Penulis: ifanmartha

Foto Profil dari ifanmartha

2 comments

  1. iya neeh..android sy jd lemot gr2 instal aplikasi ini itu..thx tipsnya

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...