Android / spesifikasi / Review dan Spesifikasi Nokia X, Android Yang Bukan 100% Android

Review dan Spesifikasi Nokia X, Android Yang Bukan 100% Android

Nokia X telah resmi dijual di pasaran tanah air sejak 12 April lalu. Di awal pekan penjualannya, ponsel Android pertama Nokia ini sukses memikat hati pecinta gadget tanah air hingga dikabarkan sampai kehabisan stok promo. Hal itu sangat wajar mengingat banyak orang yang mengidam idamkan ponsel Android yang dibuat oleh Nokia. Kini setelah dua pekan berlalu akhirnya kini Nokia X dijual bebas di berbagai outlet konter HP dan toko online seperti Lazada Indonesia. Nah, kali ini BE akan mereview spesifikasi Nokia X dan fitur fitur yang dimilikinya :

harga dan spesifikasi nokia x

Nokia X

Desain khas Nokia
Sebagai ponsel Android pertama Nokia, desain Nokia X sangat kental dengan aroma Asha dengan sudut bezel membulat namun dibalut dengan frame case body yang menyiku tegas. Hanya saja ketika handset ini dihidupkan kita akan melihat tampilan antarmuka yang menyerupai tile ala Windows Phone. Ponsel Nokia X mengusung layar berukuran 4 inchi berjenis LCD IPS yang memiliki resolusi WVGA 800×480 piksel. Nokia X tersedia dengan banyak pilihan warna seperti merah, hijau, biru, kuning, putih, dan hitam yang sangat stylist.

Prosesor Dual Core
Beralih ke sektor dapur pacu, Nokia X dipersenjatai dengan spesifikasi yang terbilang pas-pasan. Ponsel Android Nokia ini memang hanya berbekal prosesor dua inti dual core besutan Qualcomm Snapdragon dengan kecepatan maksimal 1 GHz. Begitu juga dengan RAM nya masih mengusung 512 MB. Meski demikian Nokia mengklaim kinerja dan performa Nokia X cukup maksimal karena mengusung framework yang berbeda dari Android pada umumnya. Nokia X menjalankan sistem operasi yang disebut sebagai OS Nokia X Platform AOSP, yaitu sistem operasi berbasis Android 4.2 Jelly Bean.

Kamera Tunggal 3 MP
Di sektor fotografi, Nokia X hanya mengandalkan kamera tunggal dengan resolusi 3 MP yang terletak di bagian belakang body. Sedangkan untuk kamera depan, sangat disayangkan karena Nokia X tidak memilikinya, sehingga cukup menyulitkan bag Anda penggemar foto selfie. Hasil jepretan kamera Nokia X lumayan meski tak dilengkapi dengan LED Flash. Untuk menyimpan foto hasil bidikannya, Nokia membekali ponsel Androidnya itu dengan memori internal sebesar 4 GB.

Fitur dan kelebihan Nokia X
Seperti dilansir dari Lazada, Nokia X sejatinya hanya mengambil basis OS Android sebagai pondasi saja namun tidak menggunakan API Google. Sehingga kita tidak akan menemukan beragam layanan google di dalamnya seperti gmail, Google plus, Google Play Store, Map, Chrome dll. Meski demikian Nokia cukup pintar dengan menggantikannya dengan beragam fitur menarik buatan Nokia. Sebut saja Nokia App Store untuk belanjan aplikasi, Nokia Map Here untuk navigasi dll. Menariknya lagi ponsel ini dibekali dengan aplikasi preinstalled melimpah yang akan memannjakan pengguna seperti BBM, Skype, RadioMix, Vine dll. Kelebihan lain yang dimiliki Nokia X adalah adanya fitur Fastlane yang membuat pengguna dapat dengan mudah mengakses beragam aplikasi dan informsi dengan satu menu.

Dual SIM
Beralih ke sektor konektivitas, Nokia X mengandalkan fitur Dual SIM dengan dukungan jaringan 3G HSDPA. Selain itu terdapat WIfi dan Bluetooth. Untuk menopang seluruh seluruh spesifikasinya Nokia X dibekali dengan baterai berkapasitas 1500 mAh.

Harga Nokia X
Saat ini Nokia X sudah tersedia di banyak toko baik counter fisik maupun online. Dari pantauan BE di beberapa toko Online harga Nokia X berkisar di angka Rp. 1,6 jutaan. Sedangkan di Lazada, Nokia X ditawarkan dengan beragam potongan harga sampai 6%. Bagaimana? tertarik untuk memilikinya?

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...