Android / Tips & Trik / Cara Back Up Data Pada Android

Cara Back Up Data Pada Android

Cara back up data android – bagi sebagian besar pengguna Android mungkin belum mengetahui cara back up data pada handsetnya. Padahal back up data menjadi sangat penting utuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. terlebih bagi Anda yang gemar mengoprek android dengan melakukan custom ROM, flashing, atau rooting yang dapat mengganggu sistem. Aktivitas aktivitas seperti itu sangat beresiko pada hilangnya data baik itu phone book, Contact, daftar message, aplikasi, game dan lain-lain. nah sebagai upaya antisipatif ada baiknya kita membuat back p data perangkat Android agar jika data hilang sewaktuu-waktu dapat kita pulihkan.

Cara Back up data di Android

Cara Back up data di Android

Lalu bagaimana cara back up data di Android ?
Ad dua cara yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan data kita yaitu secara online melalui google account atau secara offline (dengan membuat file back up manual). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Untuk back up data online menggunakan Google Account, kelebihanya adalah update secara real time namun jika akun diretas maka data kita akan lenyap jika data di ponsel juga hilang. Sedangkan back up data manual punya kelebihan data akan tetap tersimpan di komputer, hanya saja kita harus rutin dan berkala dalam membuat file updatenya. Berikut ini tutorial membuat back up baik secara online maupun manual :

Back Up data secara Online dengan google Account
Untuk mengaktifkannya, ikuti tutorial berikut ini ;

  1. Pergi ke Menu – pengaturan/setting – menu personal – Back up dan reset
  2. Beri centang (ceklist) pada pilihan back up dan restore otomatis
  3. Kembali ke menu pengaturan – personal – account sync
  4. Pilihlah akun google yang akan disinkronisasi.
  5. Selesai

Cara back up data android secara offline
Untuk membuat file back up data android harus menggunakan aplikasi tambahan seperti My Back Up kemudian pindahkan file back up tersebut pada perangkat PC melalui kabel data.

Itulah dua cara back up data android yang dapat anda coba. Back up online jauh lebih baik karena file back up akan secara otomatis bertambah seiring dengan penggunaan, sedangkan via online kita harus membuat file back up secara berkala. Selamat mencoba.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...