Android / Lain-lain / Google Play Store Menyediakan Mata Uang Rupiah Sebagai Media Pembayaran

Google Play Store Menyediakan Mata Uang Rupiah Sebagai Media Pembayaran

Inovasi terbaru datang dari layanan Google Play Store, tempat resmi untuk mendownload app android, yaitu dalam hal metode pembelian aplikasi berbayar. Untuk saat ini Google Play Store telah menambahkan mata uang Rupiah sebagai salah satu alat pembayaran dalam aplikasi tersebut. Seperti gambar di bawah, nilai Rupiah sudah muncul di bagian harga app bagi pemegang Android dengan lokasi Indonesia.

Tentu saja hal ini menjadi gebrakan baru yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggila dan penggiat android di tanah air. Pasalnya kini mereka tidak perlu repot-repot lagi dalam hal membeli aplikasi favorit mereka di Google Play Store. Tidak perlu lagi menghitung kurs dollar ke rupiah, serta berkurangnya biaya nilai tukar oleh bank atau penyedia jasa keuangan lain.

Google-Play-Store-Mendukung-Mata-Uang-Rupiah

Selain di Indonesia, ternyata Google juga melakukan kebijakan serupa di beberapa neagara Asia Tenggara lainnya. Diantaranya Thailand, Filiphina dan Malaysia merupakan negara-negara yang mendapat kebijkan serupa. Hingga 12 Februari 2014 mendatang, rencananya Google akan berusaha merampungkan kebijakan tersebut.

Namun sayangnya, untuk para pengguna android yang ingin membeli aplikasi di Google Play Store dengan mata uang Rupiah tersebut diharuskan memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Tentunya proses ini masih cukup menyulitkan, mengingat tidak semua pengguna android memiliki kartu kredit.

Rupiah di Google Play Store

Beberapa pengamat mengaharapkan akan ada inovasi penting terkait dengan hal tersebut. Hal-hal yang bisa menjadi alternatif misalnya adalah dengan menggunakan sistem pemotongan pulsa, ataupun menggunakan voucher mata uang digital yang dapat kita jumpai dengan mudah di berbagai minimarket.

Satu hal lagi, disamping inovasi tersebut, Google juga mengumumkan kabar baik lainnya bagi para pecinta dan penggiat aplikasi Android di Indonesia. Karena sejak 7 Februari 2014 kemarin, mereka telah dapat melakukan transfer hasil penjualan aplikasi berbayar Android yang ada dalam Google Play Store ke dalam rekening bank-bank yang ada di Indonesia. Karena memang, selain memiliki jumlah pengguna Android yang besar, ternyata tidak sedikir developer aplikasi android dari Indonesia.

Dengan adanya perubahan ini tentunya juga akan semakin menambah geliat produsesn-produsen aplikasi android di tanah air untuk terus berkarya.

Penulis: Ekky F. Wibowo

Foto Profil dari Ekky F. Wibowo
Penikmat dunia sepak bola dari berbagai sisi dan sudut pandang, meski ga jago maen bola ^_^

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...