Android / Aplikasi / Cara Mengembalikan File Yang terhapus Di Android

Cara Mengembalikan File Yang terhapus Di Android

Cara mengembalikan File Yang Terhapus – Hal yang cukup menjengkelkan adalah ketika kita secara tidak sengaja menghapus file, foto, atau video di ponsel Android. Aplagi jika kita mempunyai back-up nya, sebab berbeda dengan OS Windows yang memiliki “Recycle Bin” sebagai tempat penampungan sementara file yang dihapus sehingga dapat dikembalikan lagi, Android tidak memiliki fitur seperti itu. Sehingga file yang sudah dihapus baik secara sengaja atau tidak, maka tak bisa dikembalikan seperti semula. Hal ini tentu saja sangat merugikan, terlebih jika file tersebut sangat berharga atau penting.

Jika Anda mengalami hal seperti di atas, jangan panik terlebih dahulu, sebab sebenarnya ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus di android. Meskipun agak sedikit rumit, namun bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mencoba memulihkan file yang hilang. Untuk mengembalikan file yang terhapus di Android, kita memerlukan aplikasi pihak ketiga yang bernama Undelete for Root Users yang nantinya harus diinstall di smartphone Anda. Seperti namanya, aplikasi ini membutuhkan akses root untuk dapat menjalankan fungsinya. Sehingga ponsel Anda wajib sudah dalam kondisi rooted (jika ponsel Anda belum di root, silakan cari tutorialnya di google).

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Nah berikut ini kami berikan tutorial cara mengembalikan file yang terhapus di android dengan menggunakan aplikasi Undelete, caranya cukup mudah hanya beberapa langkah saja, simak berikut ini tahapannya :

  1. Pastikan ponsel sudah dalam keadaan root
  2. Download dan install aplikasi Undelete for root users via Google Play Store
  3. Setelah terinstall jalankan aplikasi tersebut.
  4. Pada menu select storeage pilih internal memori atau eksternal memori tempat dimana file yang hilang akan dipulihkan
  5. Setelah itu pilih Scan Storage, tunggu hingga proses scan berjalan samapai selesai.
  6. Jika proses scan sudah berhasil, kita bisa melihat daftar file yang ada baik yang belum terhpus maupun yang sudah terhapus. Cari file yang kita maksud dengan menggunakan form pencarian Search ketikkan nama file
  7. Setelah filenya ditemukan, sentuh dan tahan pada nama file tersebut hinggal muncul pilihan Restore item
  8. Selesai

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus di android dengan menggunakan aplikasi undelete for root users. Karena versi aplikasi yang dimaksud di atas merupakan versi Freeware, maka jenis file yang dapat dipulihkan hanya sebatas file foto. Untuk jenis file yang lainnya hanya berlaku untuk versi berbayar.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Hai, Saya seorang penulis junior yang sedang ingin berkembang, kritik dan saran dari anda adalah pacuan saya untuk lebih baik.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...