Android / Tips & Trik / 5 cara Agar Baterai Android Tahan Lama

5 cara Agar Baterai Android Tahan Lama

Agar Baterai Android Tahan Lama

Baterai menjadi masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna ponsel/tablet Android. Daya tahan baterai yang cukup singkat sangat mengganggu aktivitas, terutama bagi yang suka mobile. sebenarnya konsumsi baterai yang boros cukup wajar mengingat fitur yang dibawa oleh Android memang membutuhkan pasokan daya yang kuat. Terlebih bagi Anda yang menginstall banya aplikasi dan berjalan secara background, secara tidak sadar daya baterai akan disedot sehingga baterai cepat habis. Namun sebenarnya pihak produsen sudah memperkirakan “takaran” daya baterai yang pas sesuai dengan spesifikasi yang diusung. Agar baterai Android tahan lama dan tidak cepat habis, kita harus menyiasatinya dengan pemakaian yang benar serta penggunaan ponsel secara efektif dan efisien. nah kali ini Blogekstra akan berbagi cara menghemat baterai agar tahan lama.

Agar baterai android awet

Pengisian yang sehat dapat membuat baterai android awet

1. Lakukan pengisian Sehat
Pengisian sehat yaitu ketika baterai sudah hampir habis tersisa 15% maka sebaiknya langsung hubungkan dengan charger, jangan menunggu sampai kosong karena dapatmengurangi usia baterai. Selain itu jangan sambil digunakan untuk aplikai aplikasi berat seperti game, browsing dll, karena hal itu dapat membingungkan sirkuit baterai yang harus membagi daya masuk dan keluar.

2. jaga baterai dalam kondisi optimal
Kondisi optimal baterai untuk bekerja pada smartphone adalah antara 40% hingga 80%, bila sudah dibawah 40% maka sebaiknya dilakukan penambahan daya hingga 80% jika memang untuk epnggunaan aktif.

3. Hindarkan panas berlebih
Kondisi panas berlebih atau overheat pada ponsel akan memicu baterai cepat rusak, oleh sebab itu hindari meletakkan ponsel pada tempat panas seperti dashboard, atau meletakannya pada ruang yang terpapar sinar matahari. Selain dapat merusak baterai sehingga daya cepat berkurang, panas berlebih juga dapat merusak komponen lain seperti LCD. Untuk penggunaan ponsel saat bermain game berat, usahakan jangan membiarkan hingga mencapai suhu 60 derajat, jika indikator suhu baterai sudah menunjuk warna merah sebaiknya istirahatkan terlebih dahulu.

4. Letakkan di tempat sejuk
Saat tidak digunakan, simpan atau letakkan ponsel android di tempat sejuk. Contoh mudah yang sering saya lakukan adalah meletakkan ponsel pada lantai keramik, dengan begitu suhu baterai akan berada di kisaran 30 derajat dan terbukti baterai menjadi lebih awet.

5. Gunakan aplikasi Androit penghemat baterai
Saat ini banyak aplikasi yang menawarkan fitur penghemat baterai, tidak ada salahnya Anda install karena dengan aplikasi tersebut Anda akan dipandu bagaimana mengelola daya baterai agar lebih efektif dan efisien.
itulah 5 cara agar baterai Android tahan lama, Anda dapat mencobanya dan rasakan perubahannya.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Hai, Saya seorang penulis junior yang sedang ingin berkembang, kritik dan saran dari anda adalah pacuan saya untuk lebih baik.

One comment

  1. siip….patut di coba nih bnag,,,,kebetulan android saya cepat habis batrenya

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...