Android / Tips & Trik / Tips Memilih Kamera Smartphone

Tips Memilih Kamera Smartphone

Memiliki smartphone yang memiliki kualitas baik dalam hal kamera memang jadi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Namun, dari sebagian orang mungkin pasti berpikir bagaimana cara memilih smartphone yang memiliki kualitas kamera terbaik. Sebetulnya, tidaklah terlalu sulit bagaimana memilih smartphone yang kamera nya bagus. Namun, penggunanya juga harus memperhatikan beberapa aspek seperti ukuran sensor gambar kamera.

Bisa dikatakan jika semakin besar, maka akan semakin bagus kualitas yang dihasilkan. Terdapat sebagian besar kamera smartphone yang memiliki sensor 1/3-1/3.2 inch seperti iPhone 5, HTC One, Nexus dan lain-lain. tetapi, terdapat lebih bagus lagi biasanya jika smartphone tersebut menggunakan sensor gambar 1/2.6 atau 1/2.3 inch seperti Sony Xperia Z, Samsung Galaxy S5 dan Nokia Lumia 1020.

Tips Memilih Kamera Smartphone

Image by: pixabay.com

Berikut Tips Memilih Kamera Smartphone yang bisa jadi acuan bagi Anda:

1. Megapixel / Resolusi Gambar

Selain sensor gambar, resolusi gambar juga termasuk penting. Jadi, jika terdapat banyak piksel dalam sebuah gambar, maka akan semakin banyak detail yang bisa dihasilkan oleh kamera tersebut. Salah satunya adalah sensor gambar yang berukuran besar akan memiliuki resolusi yang besar juga. Sebagai contoh adalah Sony Xperia Z1 yang memiliki resolusi kamera 20MP dan Nokia Lumia 1020MP.

2. Lensa Kamera

Rata-rata lensa yang terdapat pada kamera smartphone cenderung lebih lebar dan tidak bisa diperbesar secara optik, sehingga hampir semua smartphone lebih sama. Satu hal yang penting dari lensa kamera adalah nilai f atau bukaannya. Semakin kecil angka nilai f, maka akan makin bagus. Jadi artinya adalah bukaan yang terdapat dari lensa akan makin banyak cahaya yang bisa masuk dalam smartphone tersebut. Nilai f/2.4 untuk ukuran sebuah smartphone terhitung masih standar alias bisa-biasa saja. Sedangkan nilai dari f/2 termasuk nilai yang sudah bagus untuk ukuran sebuah kamera smartphone.

3. Stabilization

Fitur Stabilization pada sebuah kamera smartphone salah satu faktor penting untuk menghasilkan kualitas gambar yang dihasilkan. Fitur ini dapat bermanfaat pada saat penggunanya memotret dalam kondisi cahaya yang kurang atau pada saat merekam video. Jika sebuah smartphone tidak memiliki fitur ini, maka getaran tangan pada saat memotret akan menyebabkan hasil gambar menjadi blur.

4. Manual Exposure Control

Tips memilih kamera smartphone lain adalah terdapat fitur yang dapat mengganti setting aperture, shutter speed dan ISO yang di setting secara manual tentunya kita akan lebih bisa berkreasi dan lebih kreatif tentunya. Dalams sebuah smartphone yang memiliki kualitas sedang tentunya hanya terdapat fitur auto mode dan kita hanya akan diberikan fitur-fitur standar. Lain halnya sebagai contoh adalah kamrena Nokia Lumia 1020 yang dimana penggunanya dapat setting secara manual ketiga parameter exposure tersebut.

5. Kapasitas Baterai

Meskipun dalam segi baterai tidak ada hubungan langsung dengan kamera, tetapi ini bisa masuk kategori penting juga. Jika pengguna memang hobi hunting photo, memiliki kapasitas baterai yang besar bukan satu penghalang dan jumlah photo yang dihasilkan selama batterai masih ada tentunya cukup banyak juga.

6. External SD Card

Satu hal lagi dalam tips memilih kamera smartphone adalah jangan melupakan External SD card. Ya, karena kita tahu bahwa semakin besar megapiksel dalam sebuah kamera, maka kualitas gambar akan bagus juga. Tentunya hal ini juga yang mempengaruhi, kualitas gambar bagus akan menghasilkan ukuran gambar yang besar.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

One comment

  1. Thanks reviewnya mas (y)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...