Android / Tips & Trik / Cara Mengurangi Kecanduan Smartphone

Cara Mengurangi Kecanduan Smartphone

Smartphone pada zaman ini memang sangat dibutuhkan pada kegiatan sehari-hari. Selain untuk berkomunikasi, smartphone bisa digunakan untuk bermain game, multimedia, berbagi di sosial media, dan kegiatan lainnya. Namun yang dikhawatirkan adalah akibat dampak negatif seperti radiasi yang ditimbulkan karena terlalu serius atau terlalu kecanduan smartphone ini. Yang menjadikan kita menjadi candu akan smartphone adalah terus melihat update atau terus memanteng berbagai sosial media yang bisa berpengaruh negatif pada kehidupan sosial karena kurangnya berinteraksi dengan kehidupan nyata di sekitarnya.

Cara Mengurangi Kecanduan Smartphone

Berikut ini BlogEkstra akan mengulas bagaimana cara mengurangi kecanduan smartphone yang dapat bermanfaat bagi Anda.

1. Luangkan Waktu Tanpa Smartphone

Pada kegiatan apapun, orang yang sudah terlalu kecanduan dengan smartphone akan membawa terus smartphone mereka baik pada saat makan, ke kamar mandi bahkan psaat tidur sekalipun. Alangkah baiknya Anda mulai membiasakan diri untuk tidak sering membawa smartphone ke kamar mandi atau pada saat tidur, karena radiasi yang ditimbulkan akan mempengaruhi otak dan kepala Anda bila smartphone diletakkan di sebelah kepala Anda saat tidur.

2. Nonaktifkan Notifikasi Smartphone

Biasanya yang menjadi sebab kecanduan akan smartphone adalah notifikasi dari smartphone itu sendiri, contohnya adalah notifikasi dari sosial media. Tentu, dalam smartphone Anda telah terinstal berbagai macam sosial media di dalamnya. Selain akan menganggu kegiatan misalnya saat bekerja karena notif tersebut apakah penting untuk dilihat atau tidak. Langkah baiknya adalah Anda bisa menonaktifkan notifikasi tersebut untuk mengurangi kecanduan smartphone.

3. Hindari Menggunakan Alarm dari Smartphone

Sebagian orang pasti melakukan hal ini. Sebenarnya sah-sah saja jika Anda menggunakan alarm dari smartphone. Namun, sebaiknya untuk dikurangi karena saat anda memegang dan mematikan alarm tersebut akan penasaran melihat berbagai notifikasi yang masuk dari hp tersebut, biasa yang paling sering adalah notifikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path dan lain-lain.

4. Berkumpul Bersama Kolega atau Teman

Hal yang paling penting untuk mengurangi kecanduan smartphone adalah coba berkumpul dengan kolega, teman, keluarga, atau siapapun. Melihat sekarang ini sepertinya berinteraksi sosial secara langsung sudah agak berkurang karena adanya smartphone ini. Padahal hal ini sangat berdampak besar pada kehidupan sosial disekitarnya.

Demikian tips sederhana ini semoga bermanfaat bagi Anda.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Samsung A8 - 1

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...