Android / Aplikasi / Aplikasi Digital Painting Gratis Android

Aplikasi Digital Painting Gratis Android

Digital painting maupun Lukisan Digital, sebagian besar orang pasti sudah pernah mendengarnya. Dimana untuk membuat lukisan ini hanya dengan menggunakan media digital. Seiring dengan berkembangnya teknologi, untuk membuat lukisan tersebut, sobat bisa melakukannya melalui smartphone. Kali ini Blogesktra akan berbagi beberapa aplikasi digital painting gratis untuk smartphone dan tablet Android.

Infinite Painter

Aplikasi Digital Painting Infiniter

Image by Google Playstore

Aplikasi Android Infinite Painter ini merupakan sebuah program untuk melukis dengan mempunyai fitur yang cukup lengkap. Tampilan antarmuka yang mudah digunakan, serta tombol-tombol umum seperti undo dan redo mudah juga dikases pada aplikasi digital painting ini. Sobat bisa memilih warna dan kuas serta membuka editor secara mudah. Fitur lain yang dimiliki adalah terdapat menu tranparency dan distortion. Selain itu, aplikasi digital painting ini telah menerapkan teknologi multi-touch gesture. Dimana sobat dapat memutar, memperbesar dan menerjemahkan kanvas. Fitur seperti ini sangatlah penting ketika sobat mengerjakannya pada smartphone yang mempunyai ukuran layar kecil. Fitur seperti ini bermanfaat untuk sobat yang dapat memperbesar gambar dan bekerja pada detail gambar.

Aplikasi Infinite Painter terdapat versi gratis dan berbayar. Tentu terdapat perbedaan, seperti pada versi gratis hanya terdapat sekitar 30 kuas, sedangkan versi berbayar terdapat ratusan kuas yang bisa sobat pakai. Namun tidak usah khawatir, meskipun sobat memilih versi gratis, fitur yang terdapat pada aplikasi digital painting ini masih memiliki banyak pilihan dan aplikasi ini lebih halus dan intuitif.

Link Download Infinite Painter
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.brakefield.painterfree&hl=en

Sketch Guru

Aplikasi Digital painting Sketch Guru

Image by Google Playstore

Aplikasi Android Sketch Guru ini mempunyai perbedaan dengan Infinite Painter. Dimana perbedaan terdapat pada tampilan yang terlihat lebih mencolok dan terdapat menu yang terlihat seperti terkena glowstick pada Sketch Guru ini. Antarmuka yang terdapat pada aplikasi digital painting ini terlihat lebih berwarna dan lebih halus pada saat digunakan. Tata letak yang terdapat mirip dengan Infinite Painter. Dimana terdapat peralatan dasar yang bisa sobat gunakan pada bagian bawah layar. Satu keunggulan pada aplikasi Sketch Guru adalah fitur sikatnya yang dinamis, fitur ini dapat menghasilkan pola garis kompleks berdasarkan vektor gerak pada jari. Jadi secara teknis, fitur ini dapat memberikan kontrol lebih atas tampilan dan nuansa gambar. Hasil yang akan didapat tentunya tekstur yang alami.

Terdapat 17 kuas dan terdapat mode “movie” untuk memutar gambar seperti film pendek pada Sketch guru ini. Selain itu, fitur yang bisa sobat gunakan adalah sobat bisa berbagi hasil gambar melalui Instagram, Facebook, Twitter dan situs jejaring sosial lainnya. Satu kekurangan dari aplikasi digital painting ini adalah terdapat pada kuasnya. Namun disisi lain, kinerja pada Sketch guru ini sangat baik dan responsif.

Link Download Sketch Guru
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.doodlejoy.studio.sketcherguru&hl=en

SketchBookX

Aplikasi Digital painting SketchBookx

Image by Google Playstore

Aplikasi Android SketchBookx by Autodesk ini merupakan aplikasi editor gambar yang mempunyai fitur yang cukup lengkap. Aplikasi digital painting ini diproduksi oleh perusahaan ternama untuk kelas mobile. Sketchbookx mencakup beberapa mode menarik termasuk garis lurus dan bentuk, dukungan layer, teks, dan peralatan gambar lain seperti color picker dan bucket fill. Selain itu, sobat bisa memperbesar gambar hingga 2500%, jadi sobat bisa membuat gambar dengan sangat detail.

Dari segi antarmuka, aplikasi digital painting SketchBookx ini terlihat kurang menarik jika dibandingkan dengan Infinite painter. Seperti fitur standar “Undo” atau “Redo” yang tersembunyi pada tombol “more”. Dimana hal ini bisa saja menyulitkan. Namun aplikasi ini bisa sobat gunakan karena kinerja yang cukup baik serta Multi-touch gesture yang dapat bekerja dengan baik pula.

Link Donwload SketchBookx
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sketchbookexpress&hl=en

Kesimpulan

Satu hal yang menjadi kekurangan adalah batasan komputasi pada smartphone saat ini. Sebagian besar dari aplikasi digital painting ini adalah tidak dapat melakukan simulasi yang lebih detail untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus seperti lukisan pada kanvas. Tetapi, dari ketiga aplikasi ini dapat menghasilkan gambar yang cukup baik.

Dari ketiga aplikasi digital painting diatas, infinite painter merupakan aplikasi yang wajib sobat coba. namun, tak ada salahnya jika sobat mau untuk mencoba ketiga palikasi diatas dan memilih mana yang cocok bagi sobat sendiri.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Galaxy A8: Smartphone Samsung Terbaru dan Tertipis Dirilis

Samsung, produsen elektronik dan smartphone terkemuka asal negeri ginseng, Korea, sepertinya ingin ...